August 04, 2015

Musim Kemarau yang Panjang di Tahun ini Akibat dari Badai El Nino

Akhir - akhir ini sedang maraknya berita kemarau panjang yang terjadi dimana - mana yang disebabkan oleh Badai El Nino khususnya di negara kita tercinta Indonesia. Akibatnya terjadi kekeringan di berbagai penjuru wilayah Indonesia. Entaah mengapa itu semua terjadi???

Tanda - tanda akhir zaman ini sudah semakin jelas dengan ketidakteraturannya cuaca yang terjadi di Indonesia ini. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menyatakan bahwa akan terjadi musim paceklik ( kemarau ) yang cukup panjang di negara indonesia yang diperkirakan hingga bulan Oktober nanti.

Apa sih itu Badai El Nino ?

Bdai El Nino sendiri merupakan badai besar yang terjadi di lautan karena adanya arus dan gelombang pasang tinggi yang menghempaskan luapan air yang besar. Badai El Nino sendiri merupakan suatu fenomena alam yang langka karena hampir tidak pernah terjadi sesering fenomena lain di lautan seperti gelombang, badai, ataupun arus.

Penyebab Badai El Nino ?

Penyebab Badai El Nino sendiri menurut para ahli yaitu karena naiknya suhu permukaan air laut di Samudra Pasifik. Salah satu dampaknya adalah kawasan Indonesia timur yang mengalami kekeringan yang kini sudah menyebar ke Indonesia bagian barat seperti yang kita rasakan sekarang.

Samudra Pasifik merupakan massa air yang besar dan mampu mengontrol suhu dan iklim di lautan. Dengan adanya kenaikan suhu yang terjadi di lautan menyebabkan faktor - faktor yang mempengaruhi iklim dan cuaca seperti angin sehingga terjadi cuaca yang tidak teratur. Dampak yang jelasnya yaitu angin panas berhembus dari samudra pasifik ke Indonesia yang mengakibatkan kekeringan di berbagai belahan negara replubik Indonesia.

musim kemarau yang panjang tahun ini akibat dari badai elnino

Disamping dampak secara geologis, badai El nino yang menyebabkan kekeringan tersebut pun berdampak pada ekonomi indonesia yang mengakibatkan naiknya harga sembako di pasaran yang mungkin karena susahnya para petani untuk memanen bahan pangannya di musim kemarau yang panjang ini.

Oleh karena itu, kita sebagai penghuni negara Indonesia tercinta ini turut menjaga keseimbangan lingkungan alam kita contoh kecilnya adalah tidak menebang pohon sembarangan, atau setidaknya kita meminimalisir agar tidak terlalu merusak lingkungan alam sekitar. Toh untungnya untuk kita sendiri bukan untuk orang lain.
Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

25 comments:

  1. badai elnino ini sudah mulai terasa, dimana2 terjadi kebakaran hutan, air bersih juga mulai sulit ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas , jakarta udah kering ;-( , sekalinya ujan banjir dahh huhu

      Delete
  2. di saya sekarang sudah kemarau juga per july. sudah mulai pembakaran lahan nih. kabut asam sepertinya akan segera hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh udah makin kacau ya dunia yang kita singgahi ini :D

      Delete
  3. Untung di rumah saya air masih lumayan banyak
    tapi sawah-sawah udah mulai kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sawah kering bahaya juga tuh , nanti gak bisa makan pake nasi dah @-)

      Delete
  4. pantas saja sekarang apa-apa mahal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul , diberita banyak banget harga pada naik :--t

      Delete
  5. Iya nich mas....sawahku jd gagal panen gara-gara kemarau panjang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dapet solusinya mas kalo sawah kekeringan :p

      Delete
  6. Woh, pengaruhnya besar banget ya. :(

    Pantes sekarang cuaca kalo lagi panas, ya panasnya begitu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yog dampaknya parah banget deh :-d

      panasnya udah kaya neraka boceh ehhhh :P

      Delete
  7. sekarang kalau hujan ga gede cuma gerimis kecil jadinya tetep kekeringan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama didaerah saya juga begitu , air pada malu untuk jatuh ke permukaan tanah daerah rumah saya hehe :)

      Delete
  8. pantas aja nonton berita kemarin tentang kekeringan di sawah. Lalu mereka membahas solusi, bibit apa yang bagus untuk ditanam di musim kaya gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga hujan cepet turun ya , soalnya bisa kena dampak semuanya nih -_-

      Delete
  9. air bersih sekarang mulai susah di cari :( mandi ajah sampai harus ngungsi ke tetangga itu juga kalo air di rumah tetangga masih banyak :D nasib musim kemarau itu gini ya susah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mudah2n sih gak separah sampe minta air ke tetangga hehe ... :)

      Delete
  10. alhamdulilah ditempat saya masih aman aman saja, sementara ditempat lain sibuk kekeringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu alhamdulillah ya , masih aman2 saja hehe :)

      Delete
  11. di tangerang juga sudah kering nih.... semua mendadak jadi orang kaya.. mandi aja pake aqua

    ReplyDelete
  12. Haha. Lucu juga namanya yah mirip nickname Fernando torres el nino

    ReplyDelete
  13. Aduh benar jg sih kalau dikaitkan dgn akhir zaman, soalnya ada hadits rasul yg intinya menyebutkan bahwa 3 tahun sebelum munculnya dajjal, Allah hanya akan menurunkan 1/3 hujan di tahun pertama, 2/3 hujan di tahun kedua, dan tidak turun hujan sama sekali di tahun ketiga, dan saat itulah terjadi kelaparan global sebab air adalah sumber kehidupan. Sekarang udah mulai benar hadits itu, meskipun hujan yg turun masih lebih dari 1/3 tp kita tdk tahu di tahun2 berikut apakah hujan masih banyak atau hadits tersebut menjadi kenyataan? Oleh sebab itu, mari kita perbaiki diri di akhir zaman ini dgn lebih mendekatkan diri kpd Allah. Wallahu A'lam...

    ReplyDelete
  14. ini gara'' pertamabangan yg semakin menggila termasuk perindustrian tanpa mikir apa jadinya..orang pejabat tinggi bisanya cuma meng-iyakan saja..indonesia negara kaya yg enak untuk dibodohi dan berakhir kesengsaraan..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar